03 September 2012

Kekeluargaan di Blogor

10 comments :


Sebenarnya blog cepyhr.blogspot.com ini sudah dibuat sejak tiga tahun lalu, 2009. Tapi, berhubung saat itu saya masih cupu (sampai sekarang), maka setelah selesai dibuat, blog tersebut terbengkalai begitu saja, soalnya saya sama sekali tidak tahu mau menulis apa di sebuah blog itu. Baru setahun inilah saya mencoba untuk menulis beberapa postingan disini. Apa saja saya tulis, tapi mayoritas tentang curhat sih :p

Kesan ngeblog setahun ini adalah, mengapa blog saya ini seperti museum di tengah malam, sunyi sepi bikin merinding. Kemudian saya mencari tahu bagaimana agar ada yang mau berkunjung walaupun sekedar lewat ke cepyhr.blogspot.com. Kata akang google, ternyata salah satu caranya yaitu rajin-rajinlah untuk blog walking ke blog orang lain. Well, saya mencoba blog walking dari blog ke blog, meninggalkan komentar di kolom komentar postingan blog tersebut, dan berharap agar si pemilik blog berkunjung balik ke blog saya, hehe.

Ternyata cara itu membuat saya menemukan komunitas blogor - komunitas blogger Bogor. Ceritanya, saya iseng mencari komunitas blogger di kota tempat saya berdomisili saat ini - Bogor di google. Lalu link pertama di halaman pertama pencarian muncullah blogor, dan langsung saja saya masuk ke situs tersebut. Hmm.. sudah setahun di Bogor tapi baru tahu kalau ada komunitas blogger di kota ini, sungguh freak. Kemudian, saya membaca artikel mengenai kegiatan yang dilakukan blogor, dan keorganisasiannya. Tidak ragu-ragu lagi, saya merasa wajib untuk ikut bergabung bersama blogor dan belajar dari master-master blogger disana. 

Setelah itu saya meminta permintaan keanggotaan di milis blogor, yang setengah jam kemudian langsung di-approve oleh akang admin sekaligus ketua blogor periode 2010-2012, mataharitimoer atau kang MT. Sebenarnya orang baru yang belum pernah sama sekali kopi darat, belum boleh untuk bergabung di milis blogor. Tapi nasib saya beruntung, walaupun saya belum pernah kopi darat bahkan mengetahui blogor pun dari internet, permintaan keanggotan saya langsung di-approve. Terima kasih kang MT, jabat erat!! :D

Menurut seseorang, belumlah sah seseorang disebut sebagai blogger kalau belum pernah kopi darat. Hehe, iya juga sih, saya pikir kita perlu untuk mengenal lebih lanjut orang-orang yang sebelumnya hanya kita kenal lewat dunia maya. Selain untuk silaturahim dan menambah sahabat, tentu saja yang utama adalah untuk belajar dari yang lebih dulu aktif di dunia perblogan. Saya baru dan sangat awam terhadap blog, tentang bagaimana membuat postingan yang yahud dan lain-lain. Tapi, bagaimanapun tidak ada kata terlambat dalam hal belajar, bukan? 

Akhirnya, Kopi Darat Juga..

Hari Minggu tanggal 2 September kemarin telah dilaksanakan acara Halal Bihalal 1433 - Talas Blogor sekaligus HUT Blogor yang ke-4. Acara ini diselenggarakan di kediaman Prof. Sjafri Mangkuprawira, guru besar IPB sekaligus blogfather blogor yang patut dijadikan panutan. Selain itu terdapat acara penting lain yaitu pemilihan ketua blogor untuk periode 2012-2014. 


mataharitimoer - MT.

Sebelumnya, jabatan ketua diemban oleh kang mataharitimoer, blogger sekaligus penulis buku terkenal, diantaranya Jihad Terlarang, Guru Kehidupan, dan yang terbaru yaitu Ekspedisi Walisongo. Eh, walaupun sudah sedemikian populer serta sukses meraih passion-nya, pembawaan beliau tetap bersahaja dan ramah terhadap semua orang, termasuk terhadap orang baru seperti saya. TOP, kereenn!!

Kang MT mamaparkan berbagai pencapaian yang berhasil dicapai blogor pada periode kepengurusan beliau, diantaranya workshop IT yang diadakan bersama Gramedia, mengisi acara workshop internet sehat ke sekolah-sekolah, siaran radio sipatahunan dan lain-lain. 

Setelah itu, tibalah acara inti yaitu pemilihan ketua blogor periode 2012-2014. Metode pemilihan ketua blogor berbeda dengan pemilihan pemimpin-pemimpin komunitas lain yang mayoritas mengadakan voting. Di blogor terbiasa untuk memilih sang pemimpin secara kekeluargaan, yaitu secara aklamasi. Kang MT menunjuk kang Harris Maulana - Harrismaul yang kemudian disetujui oleh seluruh anggota.


Wilujeng kang Harrismaul !!!



Ki-ka : Kang MT, Kang Harrismaul, Prof. Sjafri.



Kue Ultah Blogor.

Selamat mengamban amanah kang Harrismaul, semoga rencana yang belum tercapai pada kepengurusan sebelumnya bisa dicapai di kepengurusan sekarang. Aamiin..



Saya paling "besar" :D

Setelah itu tibalah acara yang sangat "inti", makan-makan. Prof. Sjafri membagi dua jenis makanan, yaitu masakan sunda dan masakan timur tengah. Hehe, saya memilih yang timur tengah, kalau masakan sunda sih setiap hari juga makan masakan sunda, udah biasa, kan simkuring urang sunda.


Seksi masakan timur tengah.



Seksi masakan sunda.

Setelah makan-makan, seluruh acara sudah selesai. Satu persatu mulai pamit untuk pulang, termasuk saya. Di perjalanan pulang rasa senang karena telah bertemu orang-orang yang luar biasa masih menggebu-gebu. Ternyata silaturahim itu memang sangat dibutuhkan dalam hidup, karena banyak sekali manfaat yang terkandung didalam silaturahim tersebut. Terima kasih akang teteh blogor yang ramah-ramah dan keren-keren. Salam silaturahim!! :)

Foto-foto ditaut dari : facebook pak Hartanto

10 comments :

  1. salam kenal kang, sy jg anggota baru blogor jd gak tau mana anggota lama mana anggota baru. Kirain kang cepi teh anggota lama hehe...

    ReplyDelete
  2. Welcome to Blogor kang, saya juga anggota Blogor tapi kemaren ga sempet mampir ._.

    Semoga betah dengan kita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang miftah, terima kasih :D
      Semoga bisa bertemu ya di acara blogor selanjutnya ;)
      Salam kenal kang!!

      Delete
  3. Salam

    Kemaren harusnya duduknya bersama orang-orang berbadan besar, kayanya ada potensi kesana nih :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kang!!
      Kemaren duduk deket kang alif kan biar samaan kayak kang alif ;;-)
      Sama-sama "chabi" :))
      Mohon bimbingannya kang alif :)

      Delete
  4. Senang bisa nambah sahabat di Blogor. :)

    Salam persahablogan,
    @wkf2010

    ReplyDelete
    Replies
    1. wiihhh ada pak wkf. Terima kasih pak, saya juga senang bisa bertemu dg blogger serba bisa seperti pak wkf ini :D

      terima kasih kunjungannya. salam persahablogan juga :D

      Delete
  5. blogor semakin maju
    saya bangga telah merintisnya :)
    salam persohiblogan dik

    ReplyDelete
  6. @kang achoey: alhamdulilah. mudah-mudahan semakin maju dan lebih membogor dan mengindonesia :)

    saya mohon bimbingan akang-akang semua :D

    ReplyDelete
  7. Menjadi blogger memang banyak manfaatnya, selain menyalurkan gagasan melalui blog, juga dapat berkumpul dengan komunitas blogger.

    ReplyDelete