12 December 2012

Soto Mie Bogor

15 comments :
Malam ini kita ngomongin kuliner yuk sob!! Ada yang pernah mencoba mencicipi soto mie Bogor? Atau bahkan kamu sering menyantap kuliner khas Bogor selain asinan dan taoge goreng itu?

Selama setahun lebih ini saya tinggal di Bogor, banyak kesan yang saya rasakan. Masyarakat yang terbuka terhadap pendatang, teman-teman baru yang tak tergantikan, serta kuliner yang menggugah selera. Sebuah kota atau daerah tentu mempunyai makanan khasnya masing-masing, begitu pun Bogor. Menurut saya, soto mie ini termasuk kuliner khas yang tidak ada duanya di Bogor, setelah masakan kakakku yang gratis tentunya, hihihi.

Berbahan dasar utama daging sapi serta ada pula yang menambahkan kikil, soto mie ditemani pula oleh irisan kentang dan tomat, irisan kol, beberapa potong kroket (risol), bihun, dan tentu saja mie. Kemudian ada juga pedagang yang menaburkan emping di atasnya.


Rasanya... hmm, pas di lidah, menurutku. Kuah soto yang rasanya hampir sama dengan soto Bandung berbaur dengan bahan-bahan yang kusebutkan di atas. Daging sapi yang empuk, kroket yang gurih berpadu dengan segarnya irisan tomat dan kol. Namun, akan lebih nikmat bila kita menikmatinya dalam keadaan hangat dan di kala hujan deras, dingin, lapeeerrr.


Mengenai harga tentu beragam, tergantung dari kualitas bahan utama serta bumbu racikan pedagangnya. Namun, rata-rata harganya adalah 12 ribu rupiah per porsi, sudah termasuk nasi. Jika ingin yang harganya cukup terjangkau bisa dicoba di Sentul, tepat seberang SPBU Sentul. Harganya 9 ribu rupiah, rasanya tak kalah lezat dibanding soto mie lain, sangat worth untuk kantong cekak seperti saya hehehe.

15 comments :

  1. Ahaayyyy jd laper mlm2 baca postingan ini

    ReplyDelete
  2. Wah, murah dan lezat.
    Jadi lapar nih.. :-|

    ReplyDelete
  3. wah untung aku hbs makan malam nih kl nggak bakalan keroncongan dah .... soto spt itu memang blom pernah kudengar di daerah lain Cepy, kayaknya kamu bakat juga nih bikin post ttg kuliner, ntar ttg menu yg lain ya, yg ngetop dr Bogor

    btw, aku pengen bgt lho liburan di Bogor, yg menarik sementara ini buatku museumnya, yg lain belum byk tahu kecuali istana dan kebun rayanya

    ReplyDelete
  4. @mbak evi: *lempar soto mie plus gerobaknya* :kishishi:

    ReplyDelete
  5. @dnwahyudi: yuk, mampir ke bogor cobain soto mienya 8-)

    ReplyDelete
  6. @mbak ely: ahahaha, yes!! sukses bikin ngiler mbak ely :kikik:
    whoaa.. ayuk mbak, liburan ke sini.. ditungu lho :woot:

    ReplyDelete
  7. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. @bebe: mau kak? *kirim soto mie via dhl ke swedia*

    ReplyDelete
  9. cerita dong soal yg menarik dr Bogor lainnya selain museum museumnya

    ReplyDelete
  10. maaf mbak, lagi sibuk bejibun sama tugas dan ujian semesteran nih huhuhu :(

    ReplyDelete
  11. Di kota tasikmalaya kayaknya gak ada tuh yang jualan gitu ,,
    Ada juga pas dulu waktu aku sekolah SD sekarang udah enggak jualan lagi padahal aku pengen banget soto mie itu :((

    ReplyDelete
  12. hehehe, mending mampir bogor aja teh erin. sekalian kopdar :D

    ReplyDelete