20 March 2013

Nuansa Cat Baru di Blog Ini

10 comments :
Bagi anda yang pernah terjerumus mampir ke blog saya yang kontennya kerap menyesatkan ini, tentu sudah familiar dengan tampilan seperti screenshot di bawah:


Perlu anda ketahui, template tersebut bukanlah template bawaan dari google. Namun template yang saya unduh dari pihak ketiga. Mau tahu kronologi saya dalam menemukan template minimalis namun cukup fungsional itu? 

Mulanya, saya iseng mampir ke blog kang alif. Selain kontennya juga asyik-asyik, kreatif serta enak dibaca. Saya terpincut melihat template blog doi. Simpel-simpel gimana gitu.. Eye catcing! 

Setelah itu, saya berkelana untuk berburu template gratisan. Tadinya tak ada niat untuk menyamai kang alif dalam hal template. Namun, ternyata dari sekian ratus template yang disuguhkan oleh btemplates.com, hanya template yang bernama Super Clean-lah yang memikat hati dan benak saya.

Dan, Super Clean tersebut sama persis alias plek alias seperti pinang dibelah kujang dengan template milik kang alif. Wah, gimana ini? Saya bingung sekaligus nggak enak hati.

Pada akhirnya saya mengganti template lama dengan template Super Clean seperti doi. Lantas saya meminta izin kepada kang alif melalui Twitter. "Tak masalah," jawab kang alif. Oke deh, tekad saya semakin bulat untuk berganti. Setelah itu saya menambahkan gambar header dan sidebar agar tak serta-merta kembar identik dengan blognya kang alif.

Jadilah blog saya yang berpoleskan cat seperti screenshot di atas.

Namun, beberapa hari yang lalu tebersit keinginan untuk mengganti template. Berikut penampakan polesan cat baru untuk blogku ini: 


Saya memutuskan untuk kembali kepada fitrah blogger yang menumpang di blogspot. Kembali ke template bawaan google itu sendiri! Alasannya? Hmm, lebih enak aja mengotak-atiknya, tidak berbeda jauh dengan tutorial-tutorial blogspot yang berjibun di kolom pencarian. Kadang kala kode html template buatan pihak ketiga sukar dikustomisasi sekehendak hati. Ada beberapa kode yang berbeda dengan kode standar template bawaan google, sehingga hal tersebut amat menyulitkan diri saya yang begitu awam terhadap kode html, hanya memiliki referensi cara otak-atik dari mesin pencari.

Selain agar mudah dikustomisasi, alasan lain saya berpindah kembali ke template bawaan google yakni saya, dan mungkin anda, akan lebih nyaman terhadap template bawaan .Lebih nyaman untuk berkomentar, karena terdapat tombol Reply. Kolom komentar templateku yang lama tidak terdapat tombol Reply, sehingga kurang nyaman untuk berkomentar. Beberapa kali sudah saya cari tahu supaya terdapat tombol Reply. Namun, usaha itu malah merusak estetika blog.

Dan, alasan lain yang paling klasik namun juga masuk akal ialah: Bosan

Ya, begitulah. Ada kesan positif dan negatif dalam menggunakan template pihak ketiga.

Warna dasar blog saya ini sengaja saya beri warna putih, supaya serasi apabila dipadu-padankan dengan warna apa pun. Kemudian selain putih, warna yang mendominasi di blog saya sekarang yaitu merah maroon, jingga, biru, hijau muda. Begitu pula dengan font. Saya memilah-milah font-font yang menurutku cukup enak dibaca. Font untuk konten yaitu Georgia, dan Josefin Slab untuk judul artikel. Mengenai header blog, saya membikin sendiri di photoshop. Walaupun baru bisa bermain-main dengan layer serta pen tool, namun saya puas bisa menjajal photoshop yang selama ini hanya teronggok lesu di pojok sebelah kiri desktop saya.

Doakan pula agar selekas mungkin saya membeli domain dot com.

Sobat, apakah anda menyukai template baru bawaan google yang telah separuhnya dikustomisasi oleh saya sendiri secara autodidak? Atau anda malah menyukai template saya yang lama? Ataukah ada yang mau memberi saya template gratis? Hehe, share yuk di kolom komentar!

#Update:
Sobat, akhirnya pagi ini saya bisa registrasi domain dot com di rumahweb. Well, lain kali anda bisa langsung dapat mengakses blog saya di cepyhr.com :)

Salam!

10 comments :

  1. Templatemu yg ini menunjukkan betul ttg kamu Cepy, khas gitu dgn gambarmu di bagian paling atas

    yg penting kamu nyaman nyaman sj cepy dgn template barmu ini, nyaaman kok dipandang mata

    Kalau blogku templateny asama cuma gambar headerny ayg kuganti2 terus tiap hari bisa 3 - 4 kali sehari *kayak makan aja* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, makasih apresiasinya mbak el, padahal gambar itu mah terlalu kurus ketimbang kenyataannya hihihi :mewek

      walaaahh... tapi foto-fotonya mantep-mantep! artikelnya diupdate tiap hari lagi, salut, mbak!! gak bakalan bosen dah mampir ke duniaely mah :2thumbup

      Delete
    2. Headernya Mbak El sekarang semakin mantab. # eh salah koment

      Delete
    3. iya fi, makanya saya betah kalo mampir ke sana :D

      Delete
  2. Kunjungan sore Gan.. heheee


    Salam kenal ya Cepy..
    hebat euy udah berbayar Blognya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, hatur nuhun udah mampir sini gan :cendol
      belooommm, masih numpang di blogspot... cuman domainnya aja yang berbayar fi :ngakak

      Delete
  3. saya juga sering bolak balik ganti theme karena bosan mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuaah.. apalagi saya. udah nggak terhitung, mas :ngakak

      Delete
  4. Wauwww.. Mantab abiss postingannya. Keep blogging gan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih!
      terima kasih juga telah berkenan berkunjung :)

      Delete