05 October 2013

Radang itu Tidak Enak dan Tidak Baik

8 comments :
Semalam, tidur saya tersiksa sekali. Tubuh menahan gigil, namun suhunya menghangat. Entah tepatnya berapa, karena saya tidak punya termometer, cuma punya meteran lingkar perut.

Cuplikan-cuplikan mimpi aneh bin absurd terus bertayang, bikin jantung saya tak mengenal santai dan kaus saya kuyup oleh keringat jagung. Dan kala dini hari saya terjaga, tenggorok terasa gatal kala meneguk ludah. Ya, lambat laun rasa gatal itu berubah jadi rasa perih.

Kata kakak saya, sih, gejala semacam itu namanya radang. Penyakit tersebab virus yang menyerang tenggorok, setelah itu demam pun ikut-ikutan eksis. Makan apa pun terasa hambar, kadang-kadang malah keluar lagi.

Dan anehnya, virus ini kerap menyerang saya setiap pertengahan semester, beberapa hari menjelang Mid-Test. Orang lain sibuk belajar, saya malah menggelepar. Centil memang, si radang itu.

Ngomong-ngomong radang, ternyata radang itu mempunyai dua makna:

ra·dang [1], me·ra·dang a marah sekali; geram; jengkel sekali: dng ~ dia pergi meninggalkan kami;
me·ra·dang·kan v marah sekali (geram) kpd;
pe·ra·dang n pemarah
ra·dang [2] n penyakit kerusakan jaringan tubuh yg ditandai oleh demam dan pembengkakan (jika sudah lanjut disertai keluar getah bening, darah, nanah): -- paru-paru;
-- ambing Tern peradangan pd ambing, umumnya disebabkan oleh kuman; mastitis; radang susu;
-- busuk bergas Tern koreng pd kaki, baik di luar maupun di bawah kulit yg disebabkan oleh kuman Clostridium;
-- limpa Dok penyakit akut disebabkan oleh Bacillus anthracis, menular, dapat menyerang hewan dan manusia;
-- otak penyakit radang pd otak;
-- susu radang ambing;
-- tenggorok penyakit radang pd tenggorok, ditandai warna merah dan rasa gatal pd tenggorok, kadang-kadang disertai rasa demam;
-- teracak Tern radang pd telapak kaki sapi atau domba yg ditandai dng pincang, panas, dan bengkak di atas kuku, serta terdapat nanah di bawah kuku;
-- tulang penyakit tulang kronis dng ciri menebalnya tulang panjang dan deformasi tulang pipih; ostitis;
me·ra·dang v menjadi bengkak dan keluar getah bening (darah, rajah) disertai demam: luka pd kakinya ~;
pe·ra·dang·an n proses menjadi radang; proses meradang; reaksi jaringan tubuh thd penyakit (cedera) yg ditandai oleh suhu badan naik (bengkak )
Ya, adalah makna radang ke dua yang saya idap pagi ini sejak kemarin. Radang yang tidak enak. Dan kita sukar berkelit darinya, bila virus telanjur menggerogoti antibodi. Solusinya, ya, hubungi apotek atau dokter terdekat. Atau, dengan curhat di blog seperti saya kali ini.

Radang yang pertama, sebetulnya masih bisa dihindari. Tapi kita malah keenakan melakukannya. Tersulut emosi sedikit, langsung meradang. Pacar lupa sms―Lagi ngapain, say? atau Hati-hati di jalan, say. Miss you :*―langsung meradang. Sehabis itu, langsung diputusin. Sensi amat, ya, kayak Hitler.

Kenapa, ya, justru hal-hal yang tidak baik itu selalu enak.

Tapi bagi saya, tidak ada yang lebih enak daripada sehat.

8 comments :

  1. hmm .. memang aneh Cepy kalau si radang datang ke kamu pas pertengahan Semester beberapa hari menjelang mid ....berati bisa tiap tahun Dong kena radang ini ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, hampir setahun dua kali mbak .__.
      tapi alhamdulillah, sekarang sudah sehat bugar :D

      Delete
  2. Kesehatan memang salah satu nikmat yang paling nikmat, hehe.... Kalau saya dulu sering meriang. Cara nyembuhinnya simpel. Makan yang banyak, minum yg banyak, minum sanmol, trus tidur selimutan. Besoknya sembuh deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, betul banget. Sehat itu nikmat tak tercandra.
      wah, gimana dong, saya tuh ceritanya lagi diet ala corbuzier itu loh .__.
      tapi alhamdulillah sekarang sudah sehat.

      Delete
  3. Kenapa ya ada rasa tidk enak?
    Karena ada rasa enak. .
    coba setiap rasa adalah enak,pasti potong tangan sendiri rasanya jga enak...alhasil banyak orang yang pengen motong tangan sendiri.. hihih,jadi serem kan :D

    ReplyDelete
  4. Apakah kamu kebanyakan begadang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya sih kebanyakan bergalau, hahaha

      Delete