03 March 2014

Tujuh Lagu Tentang Pulang

6 comments :
Benarkah kita begitu merindukan pulang? Saya bertanya seperti itu sebab menemukan tujuh lagu yang punya unsur kata "pulang". Subjek yang pulang bisa siapa saja: kita sendiri yang pulang, atau menunggu kepulangan orang lain yang disayang―dan yang pernah disayang. Ya, termasuk kepulangan mantan ke pangkuan kita. Sebentar, izinkan saya berdeham―kemudian bermuntah kenangan.

Mungkin, manusia―diwakili oleh penggubah lagu―menyadari bahwa ia diciptakan Allah SWT untuk pulang kemudian berpulang ke hadiratNya, sehingga stok lagu tentang pulang lumayan melimpah. Supaya kita ingat. Tidak lupa diri. Ugh, lagi-lagi sok filosofis. Sebentar ya, saya gundukkan dulu lagu-lagu tentang pulang dari kanal YouTube. Oke, selesai. Berikut!

1. Firasat - Marcell


...
cepat pulang
cepat kembali jangan pergi lagi
...

Eh, emang Kak Marcell bisex gitu? *mendadak gosip*

2. Kamu Harus Pulang - Slank


...
kamu harus cepat pulang
jangan terlambat sampai di rumah
kamu harus cepat pulang
...

3. Yogyakarta - Kla Project


Ah, meski suka dianggap "berselera tua", lagu legendaris ini selalu menimbulkan sensasi berbeda setiap saya dengarkan. Membuat saya ingin... ingin pulang, ditemani harapan.

pulang ke kotamu
ada setangkup haru dalam rindu
masih seperti dulu
...

4. Semalam di Malaysia - D'lloyd


aku pulang
dari rantau
bertahun-tahun di negeri orang
oh...

Setelah menyebut Malaysia, mari kita mengambil air wudu.

5. Gelang Sipaku Gelang - Lagu daerah Sumatera Barat

gelang sipaku gelang
gelang sirama-rama
mari pulang, marilah pulang
marilah pulang, bersama-sama
...

Mendengarkan lagu Gelang Sipaku Gelang, saya bersyukur dulu pernah jadi anak kecil yang bahagia sekalipun tanpa godaan bidadari dari surga Coboy Junior. Eh, si Bastian keluar ya?

6. Hati yang Luka - Betharia Sonata



Lagu tentang pulang paling galau, sejauh ini. Menurut saya Someone Like You juga kalah, sebab video klip Hati yang Luka ini sadis dan menyayat hati euy hehehe.

...
pulangkan saja
aku pada ibuku
atau ayahku
dulu
...

7. Bang Toyib - dipopulerkan oleh... ah, oleh entah siapa penyanyi aslinya, yang pasti lagu ini sudah jadi lagu kebangsaan ibu-ibu korban PHP.



Oh, maaf tadi saya keliru. Saya ralat, lagu tentang pulang paling galau adalah: Bang Toyib. Tiga kali puasa dan tiga kali lebaran, Sang Abang tak pulang-pulang. Kasihan, mungkin cangkang ketupat yang susah payah dibikin Nyonya Toyib tiga tahun yang lalu sudah jadi pohon kelapa lagi. Gamis lebaran Nyonya Toyib sudah tidak baru lagi, atau jangan-jangan dia sekarang gak pake baju? Bang Toyib, kapan pulang? Jangan-jangan kau sudah berpulang? Tidak! Nyonya Toyib, sebelum pingsan, ehem, pake dulu bajunya ya, baju baru tiga tahun lalu juga masih bagus kok. Daripada...

...
tiga kali puasa
tiga kali lebaran
abang tak pulang-pulang
sepucuk surat tak datang
...

Buat istrinya Bang Toyib, mudah-mudahan sepucuk twit #nomention dari @BangToyibAsli kunjung menghampiri. Cek DM! []

6 comments :

  1. HAHAHHAA.. konyol.. sampe betharia sonata!!! Keren banget wawasan musikmu yaaa..

    btw kayaknya si marsel emang iya... :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, itu lagu kebangsaan tante kesepian deh kayaknya XD
      oh, ya, beneran? :o

      Delete
  2. ternyata bang toyib itu adalah si cepy

    ReplyDelete
  3. ada satu lagi, judulnya emang "Pulang", dari FLOAT.. "dan lalu, air mata tak mungkin lagi bicara tentang rasa, bawa aku pulang segera. jelajahi waktu ke tempat berteduh hati kala biru.. dan lalu, sekitarku tak mungkin lagi meringankan lara, bawa aku pulang..bersamamu"

    tapi saya juga belum ngerti sih, makna pengen pulang di lagu itu tuh maksudnya pulang kemana..tapi kalo mencermati liriknya, mungkin udah cape kali ya sama hidup, jadi minta "pulang" segera...hehehe...btw, itu lagu favorit saya dari Float *siapa yang nanya ya, hahaha* :D

    ReplyDelete