14 October 2014

Cara Mengatasi "Damaged SD card. SD card is damaged"

12 comments :

Gimana cara mengatasi "Damaged SD card. SD card is damaged. Try to reformatting it"?

Kemarin saya empet banget. Begitu selesai transaksi file antara smartphone dengan komputer, kemudian saya turn off USB storage, saya sadar terlalu buru-buru mencabut kabel USB. Seketika ada bunyi notifikasi, dan layar smartphone menampilkan pesan sama persis dengan gambar di atas.

Ini bukan masalah pertama kali. Mungkin tiga atau keempat kalinya. Gimana tidak empet coba, mengalami empat kebengaan yang sama dalam waktu setahun. Seperti ganti sikat gigi saja.

Namun dengan kepala dingin, saya mencoba cari akal supaya tidak mengulangi kesalahan untuk yang ke sekian. Ya, banyak data-data penting dan gambar-gambar memorable yang mustahil saya ikhlaskan begitu saja dengan menekan opsi "yes, format it!"

Mau tahu caranya? Menyelamatkan data-data penting di SD card kita?

Dengan saya, pakai cara gampang saja ya. Begini, pertama, kita hanya harus menekan opsi "Tidak/Batal" atau "Cancel" jika ada pop up yang menanyai apakah anda ingin memformat SD card kita yang telah corrupt atau damaged. Seperti screenshot ini:


Sudah tekan "Cancel"? Jika sudah, non-aktifkan smartphone Anda, lepas SD card dari slot smartphone, kemudian hubungkan SD card dengan laptop atau komputer (dengan SD card adapter/converter).

Berdasar pengalaman kemarin, SD card yang divonis damaged oleh smartphone nyatanya tetap terbaca dengan baik oleh laptop saya. Sebelum laptop kita berubah pikiran (laptop itu seperti perempuan, pundungan), baiknya kita copy atau cut (sama saja) seluruh data di SD card itu ke harddisk. Setelah proses penyalinan aneka data selesai, segera format SD card, quick format saja cukup.

Jika sudah sukses terformat, copy dan kembalikan lagi seluruh data SD card (yang tadi kita copy ke harddisk), dari harddisk ke SD card. Tunggu hingga sedotan copy penuh. Bila sudah, eject dan lepas SD card dari adapternya.

Mari kita coba sisipkan kembali SD card ke smartphone, aktifkan smartphone. Perhatikan, dalam rentang sepuluh atau 15 detik, apakah smartphone kita sedang berproses memulihkan SD card? Jika ya dan notifikasi "Damaged SD card" sudah musnah, mari kita ucapkan alhamdulillah. SD card kita selamat dari bahaya laten Format!

Apakah cara ini terlalu mudah? Saya rasa ini terlalu mudah dan memang tidak ada studi atau literatur mahal dari jurnal Elsevier. Tapi, alhamdulillah, kemarin eksperimen saya berhasil dan urung mengulangi kesalahan untuk yang keempat kali memformat secara sukarela SD card yang sarat oleh kenangan itu.

Semoga berhasil!

12 comments :

  1. Semoga gak pernah ngalamin sih tapi bakalan dicoba cep kalo suatu saat kejadian. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas dani mah pake iphone sih, gak bakal ngalamin atuh :D

      Delete
  2. Dulu saya punya sd card yang saya protek dengan password menggunakan featured phone (bukan smartphone), trus saya lupa passwordnya. Akibatnya sd card itu tidak bisa dibaca di hp maupun di laptop. Nah, kira-kira ada solusinya gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm... *mikir keras berbulan-bulan* :D
      semoga yang bawah ada yang tau nih :D

      Delete
    2. di komputer ga kebaca juga gan?

      Delete
    3. waduh.. innalillahi kalo begitu :|

      Delete
  3. Sejak pakai iPhone, aku gak pernah tau apa isinya. Maklum gak bisa diganti2 SD cardnya, Sudah paten tertanam.

    ReplyDelete
  4. Infonya Bagus , Tapi kalo SD cardnya juga gk kebaca di komputer gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lafalkan innalillahi gan. turut berduka :|

      Delete