22 November 2015

Bakmi Surabaya Cak Parman - Cibinong

8 comments :

Kuliner malam Cibinong sebenarnya gak beda jauh dengan daerah lain. Didominasi oleh nasi goreng, mie goreng, dan teman-temannya, serta apa lagi kalau bukan tenda demi tenda pecel (atau pecak, yang bener apa ya bro?) lele & ayam. Saking banyaknya, sekarang agak susah nyari yang enak, apalagi yang paling enak. Butuh trial and error icip-icip dari satu tenda ke tenda lain. Kayak praktikum di lab aja ya.

Di Cibinong, tepatnya jalan Sukahati, ada kedai Bakmi yang menurut saya enak, yakni Bakmi Surabaya Cak Parman. Dimiliki oleh Bapak Ibnu Parmanto sejak lama, sejak Cibinong masih gersang, belum ada mal-mal sehingga macet banget kayak sekarang. Dan belum ada saya juga yang masih di Bandung dan baru empat tahunan ini bermukim di Bogor (please, gak penting banget sih, Cep).

Kedai ini menyediakan aneka hidangan yang sudah familiar di sekitar kita, semacam nasi goreng, mie goreng, mie rebus, kwetiau, dan capcay. Selain menu sejuta umat tadi, tersedia pula lomie dan nasi siram, yang saya belum tahu seperti apa sih tampak dan rasa makanan tersebut, dan apa bedanya mie pada menu lomie dengan mie biasa. Setelah googling sih kayaknya enak. Nanti saya coba deh lain waktu.

Mampir ke kedai Cak Parman, biasanya saya pesan kwetiau goreng, makanan favorit saya. Kadang pake seafood, kadang polos (telur dan sayur saja), tapi tentu lebih menggoda kwetiau seafood dong. Seafood-nya terdiri dari cumi dan udang dengan takaran cukup, tidak terlalu banyak pun terlalu sedikit.

Menu kwetiau maupun menu sekelompoknya yakni nasi goreng, mie goreng/rebus dengan dilengkapi seafood perlu ditebus 20 ribu rupiah, sedangkan yang polos cukup 12 ribu saja. Selain polos dan seafood, tersedia pilihan lain yaitu daging kambing.

Menurut saya Bakmi Surabaya Cak Parman cenderung berkiblat pada chinese food. Ditilik dari cara memasak para koki yang cekatan serta kadang ada atraksi itu loh, atraksi api yang tiba-tiba muncul dari wajan, dan wajannya juga khas dapur chinese food; wajan hitam tipis mengkilap.

Selain itu, rasanya pun emang chinese food banget, yang terkenal mengusung bumbu minimalis, tidak terlalu banyak rempah. Sebagian teman malah bilang taste semacam ini tergolong hambar. Tidak seperti bakmi jawa atau jogja yang kerasa banget rempahnya sehingga sensasi manis, asin, dan gurih kentara banget di lidah. Sok tau banget yah saya hahaha..


Lokasi kedai Bakmi Cak Parman, bila teman-teman datang dari arah Cikaret, maka perlambat kendaraan Anda ketika sudah mendekati perempatan McD Pemda. Letak kedai Bakmi Cak Parman kurang lebih 300 meter sebelum perempatan itu, berada di sebelah kiri jalan bila Anda berangkat dari Cikaret.[]

Skor Bakmi Surabaya Cak Parman - Cibinong :
Rasa : 8,5
Tempat : 7
Pelayanan : 7
Harga : 8
Instagramable : 7,5

8 comments :

  1. Bakmie kalo dimakan malam-malam sangat pas. Apalagi kalau sedang hujan :-D

    ReplyDelete
  2. bakmi itu malah bukan konteksnya ke mi ayam ya hehe.. soalnya disini gitu bakmi = mie ayam :D tapi kayanya lain ya karena digoreng bukan direbus mienya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi. sama mas. ada dua jenis emang. bakmi yg konteksnya mie ayam, sama bakmi yg ternyata pas terhidang kayak semacam mie goreng dan mie rebus khas jawa. ada juga bakmi yg cita rasanya chinese food. kayak dibpostingan ini *sok tau pagi pagj wkwk

      Delete
    2. oalah gitu ya ceritanya..saya nyimak dari pakarnya lho :D

      Delete
    3. gubrakk... pakar madang meureun nya haha

      Delete
  3. Bakmi yang paling enak hahaha :D :D Salam dari Palembang nih (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam juga dari anak rumahan bogor hahaa :D

      Delete