13 December 2015

Sate Solo Pak Rebo - Cibinong

6 comments :
Setelah ngegosipin sate Padang yang ternyata cuma kalangan tertentu aja yang menggemari, kali ini saya pengin ngobrolin sate yang lebih banyak disukai. Sate Solo. Tepatnya Rumah Makan Sate Solo Pak Rebo yang berlokasi di jalan Raya Sukahati, tidak jauh dengan McD Pemda Cibinong.

Buka mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam, Sate Solo Pak Rebo menyediakan aneka masakan khas Jawa seperti sate, tongseng, dan nasi goreng dengan pilihan daging kambing, sapi, atau ayam yang dapat Anda pilih sesuai selera. Tersedia pula sop iga kambing dan gule kambing. Hmm.. kalo saya mah ngebayanginnya aja udah bikin kliyengan.

Dalam beberapa kali kunjungan ke sana, saya baru mencoba sate ayam dan tongseng ayamnya saja. Belum kambing karena saya khawatir tensi darah makin tinggi aja. Belum coba daging sapi juga, karena konon kalo daging sapi disate atau ditongseng bumbunya bakal kurang meresap ke dalam, sehingga rasanya kurang sedap. Tapi kayaknya di Rumah Makan Sate Solo Pak Rebo menggunakan bumbu yang serupa untuk aneka daging, termasuk sapi dan kambing, jadi saya tebak rasanya kurang lebih sama dengan rasa sate dan tongseng ayam yang sempat saya santap.


Sate ayam khas Solo mirip dengan sate ayam buatan Mamah. Sederhana, tidak mengandung banyak rempah yang kadang membuat rasanya jadi kacau. Saya suka sate macam ini, dan tidak terlalu suka sate Maranggi yang manis banget dan rasa rempah lainnya kentara juga. Demikian pula dengan siraman bumbu kacangnya. Sate Solo Pak Rebo mengusung bumbu kacang yang encer dan rasa rempah yang light untuk dicerna lidah saya, membuat lidah ini enggan berhenti menggarap suapan ayam dan nasi. Sehingga jika ke sini, saya merasa tidak cukup untuk makan sate solo sebatas dengan sepiring nasi. Harus dua piring! Kadang tiga malah hahaha..

Tongseng ayamnya pun enak, beneran. Dilengkapi dengan kol, tomat, dan cabe rawit gruntulan. Serta kuah dan rempah yang khas banget. Aroma ketumbar amat dominan dalam semangkuk tongseng ini. Dan rempah-rempah lain yang membuat makan malam kita lebih hangat pada musim penghujan ini. Daging ayamnya empuk dan bumbu terkandung pada kuah turut meresap ke dalam daging. Juara lah pokoknya!


Tempatnya luas dan bersih, buat Anda yang sudah berkeluarga pasti nyaman memboyong keluarga kecil atau besar ke sini, sebab banyak tersedia kursi-kursi jati yang siap kapan saja Anda duduki. Perihal harga cukup terjangkau. Saya kira sate-sate model rumah makan begini agak-agak mahal gimana gitu. Ternyata enggak juga. Seporsi sate ayam yang terdiri dari 10 tusuk, nasi dua piring (hihii), teh tawar, cukup saya tebus 25 ribu saja. Kadang nambah 3 ribu kalo saya ngambil sebungkus rempeyek kedele.

Rumah Makan Sate Solo Pak Rebo tampak selalu ramai oleh pengunjung, tidak peduli siang atau malam. Mungkin sudah banyak pelanggan setianya, dan sekarang tambah banyak. Termasuk saya.[]

Skor Sate Solo Pak Rebo - Cibinong :
Rasa : 8
Tempat : 8,5
Pelayanan : 8
Harga : 8
Instagramable : 7

6 comments :

  1. wah, cobain dong tongseng kambingnya, cep!
    perlu dicoba nih, tp jauh ah mcd pemda mah haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak berani gue ja. takut gue pingsan sendirian di tempat :(( hahaha

      Delete
  2. Makan sate dan tongseng dicuaca dingin seperti ini benar-benar nikmat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahh.. surga itu mah, kak adelina :D

      Delete
    2. Thanks rekomendasinya...sate kambingnya enak dan empuk...tongseng kambing biasa aja....

      Delete