02 November 2016

Manjakan Lidah Anda di Kota Malang

2 comments :
Kota Malang memiliki udara yang lebih sejuk dibanding kota lainnya di wilayah Jawa Timur. Kota ini juga sering kali dijadikan tujuan wisata, baik oleh warga Jawa Timur maupun masyarakat dari daerah lain. Suasana Kota Malang yang asri dan memiliki banyak bangunan bergaya kolonial memang menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan.

Sarana dan prasarana di Kota Malang sudah tersedia cukup baik, termasuk hotel berbintang yang banyak tersedia di kota ini. Apalagi saat ini informasi dan akses pemesanan hotel dan transportasi semakin mudah dengan adanya jaringan internet. Salah satu caranya ialah mengunjungi situs Traveloka.

Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih salah satu hotel bintang 4, Savana Hotel Malang yang beralamat di Jalan Letjen Sutoyo No. 32-34 Rempal Celakat Klojen, Malang. Hotel ini cukup strategis dan memiliki jarak cukup dekat dengan tempat wisata lainnya.

Google.co.id

Daya tarik Kota Malang cukup beragam, mulai dari tempat-tempat wisata alam, sejarah, dan wahana permainan seperti olah raga paralayang, Danau Sempu atau Museum Angkut. Selain itu ada juga wisata kuliner yang bisa menjadi salah satu alasan Anda untuk berkunjung ke kota yang dikenal sebagai kota budaya ini. 

Beberapa destinasi wisata kuliner di Kota Malang di antaranya:

1. Orem-Orem

Orem-orem ialah salah satu makanan khas Kota Malang dengan cita rasa pedas. Di dalamnya berisi potongan ketupat, ayam, irisan tempe, tauge, kemudian disiram kuah santan yang kental. Untuk menjaga rasanya yang khas, biasanya kuah orem-orem dimasak menggunakan arang. Makanan ini disajikan dengan tempe goreng atau mendol.

Mendol ialah sejenis makanan khas Kota Malang yang dibentuk lonjong.

Resepenak99.blogspot.com

2. Cwie Mie Malang 

Makanan ini tidak berbeda jauh dengan mie ayam pada umumnya, namun tetap memiliki perbedaan yang khas. Sayuran yang digunakan sebagai bahan utamanya ialah selada, ditambah potongan ayam yang dibuat lebih halus. Makanan ini disajikan dengan taburan seledri dan bawang goreng. Rasanya memang lebih asin dari mie ayam kebanyakan. Kekhasan cwie Malang ini adalah disajikan di atas pangsit yang dibentuk menyerupai mangkok.

Resepmakananindonesia.blogspot.com

3. Nasi Goreng Mawut 

Nasi goreng mawut khas Kota Malang sesungguhnya tak berbeda dengan nasi goreng lainnya. Uniknya nasi goreng ini memiliki campuran seperti mie, sayuran, dan aneka toping lainnya. Hingga tampaklah sajiannya semerawut, maka akhirnya dikenal dengan nasi goreng mawut. Bumbu khas nasi goreng ini ditambah saos dan kecap, sehingga memiliki cita rasa yang khas.

Nasi goreng mawut banyak ditemukan di Kota Malang, salah satu yang cukup terkenal adalah Depot Nasi Mawut Pak Iwan. Lokasinya berada di Jalan Aris Munandar Kota Malang. Di warung makan tersebut juga terdapat menu andalan lainnya yang bercitarasa chinese food.

4. Rawon

Rawon adalah jenis makanan berkuah seperti soto, namun dengan kuah hitam yang berasal dari kluwak. Makanan ini dicampur irisan daging sapi dan bumbu-bumbu khas indonesia hingga rasanya dan aromanya terasa kuat. Salah satu menu Rawon terkenal yang banyak direkomendasikan wisatawan ialah Depot Rawon Nguling yang legendaris. Tempat ini berada di Jalan Zaenal Arifin No. 62 Malang.

Pinterest.com

5. Baso Malang dan Baso Bakar 

Makanan ini memang jadi ciri khas Kota Malang, meskipun saat ini bisa ditemukan hampir di semua kota di Indonesia. Namun tidak ada salahnya jika Anda mencoba menyantap baso Malang di tempat asalnya.

Baso bakar sama halnya dengan jenis baso yang lainnya, hanya dimasak dengan cara dilumuri bumbu bercampur kecap lalu kemudian dibakar. Kedua menu ini bisa Anda dapatkan di Rumah makan Baso Malang Presiden, salah satu kedai baso yang banyak direkomendasikan.

Jika ingin mencicipi baso Malang Presiden Anda bisa datang ke Jalan Baranghari No.5. Dan bila Anda penasaran ingin mencicipi baso bakar, Anda bisa mengunjungi Warung baso bakar Pak Man di Jalan Diponegoro No. 19 A Malang.

6. Wedang Angsle

Jika tadi yang dibahas makanan utama, kini saatnya makanan manis yang bisa dijadikan menu selingan. Wedang Angsle rasanya manis, hampir menyerupai wedang ronde. Topingnya berisi putu mayang, kacang hijau, bubur mutiara, tape singkong dan ketan yang sudah dikukus. Kemudian campuran tersebut disiram dengan kuah santan yang hangat.

Wedang Angsle paling nikmat disantap kala malam hari saat udara dingin Kota Malang mulai menyerang.

Beberapa info dan referensi kuliner di Kota Malang ini telah Anda dapatkan, so, segera rencanakan perjalanan Anda mulai saat ini, karena liburan akhir tahun yang dinanti tinggal menghitung hari.[]

2 comments :