15 January 2017

Perpanjangan STNK Tahunan Bisa Dilakukan di Samsat Seluruh Jawa Barat

2 comments :

Bisakah memperpanjang STNK bukan di Samsat Penerbit? Bisa banget!
Asalkan STNK Anda diterbitkan di daerah yang tercakup Provinsi Jawa Barat, maka Anda dapat mengurus perpanjangan STNK di Samsat mana saja di areal Jabar, kecuali jika STNK Anda diterbitkan oleh Polda Metro Jaya alias DKI dan/atau Polda luar Jabar lain.

Iya, saya juga baru tahu hari Sabtu kemarin. Kebetulan tanggal 17 Januari adalah tanggal jatuh tempo STNK motor saya, dan karena tidak sedang berada di daerah STNK itu diterbitkan, beberapa minggu belakangan saya gelisah juga kalau sampai ditunda-tunda sampai waktu senggang benar-benar ada untuk pulang mengurusnya ke Bandung, tahun depan pun belum tentu ada. Apalagi katanya tarif pengurusan STNK naik, ini nih yang bikin makin males ngurusin.

Tapi mau gimana lagi. Daripada suatu saat ada pemeriksaan polisi saya apes ditanyai kelengkapan surat-surat, berabe dong. Meskipun saya baru tahu perihal pajak kendaraan yang mati seharusnya bukan polisi yang memvonis kita salah atau tidak, itu urusan kita dengan fiscus, tapi ya sudahlah, kita bisa apa. Disiplin dan waspada lebih baik.

Syukurlah Samsat Kab. Bogor buka pada hari Sabtu, walaupun hanya setengah hari. Pada hari Sabtu, pendaftaran antrean pertama dibuka pukul setengah sembilan dan ditutup pukul sebelas siang. Meski malas dan cuaca yang mendukung untuk semakin malas, saya memaksakan diri berangkat ke Samsat Kab. Bogor yang berlokasi di sekitar Stadion Persikabo. Setiba di sana saya langsung mencari keberadaan Customer Service.

Samsat penuh sekali ternyata, termasuk CS-nya. Mungkin karena hari Sabtu, hari kebanyakan kaum proletar libur dan tidak mungkin sempat mengurus administrasi negara macam STNK ini pada hari biasa. Dan juga saya rasa bangunan Samsat Kab. Bogor tidak terlampau luas bila saya bandingkan dengan Samsat Cimareme.
Apakah karena lebih sempit maka pelayanannya jadi lebih lama?
Oh, ternyata malah lebih cepat. Mungkin karena kapasitas tampung ruangannya lebih sedikit, maka nomor antreannya pun tidak sepanjang di Cimareme. Cuma harus kuat berdiri aja, tersebab ruangannya kecil tentu saja kursi-kursi tunggunya pun tak banyak. Tapi toh prosesnya tidak terlalu lama. Saya memasukkan formulir ke loket pendaftaran sekitar pukul sepuluh kurang, dan kurang dari satu jam kemudian saya sudah menerima STNK yang sudah diperpanjang di loket penyerahan.

Ngomong-ngomong, dari mana saya tahu informasi bahwa perpanjangan STNK tahunan bisa dilakukan di seluruh Samsat areal Jawa Barat? Tentu dari Customer Service. Sebab walau sebelumnya sudah googling di internet, saya belum menemukan artikel yang tepat dan kebanyakan kurang tegas menyampaikan informasinya (entah mungkin kebijakan Samsat yang juga berubah-ubah). Mudah-mudahan artikel blog saya kali ini membantu Anda yang sedang mencari informasi tentang perpanjangan STNK ya.

Lantas bagaimana dengan gosok rangka plus ganti pelat lima tahunan? Apakah bisa dilakukan di seluruh Samsat areal Jawa Barat? Karena usia motor saya baru tiga tahun, maka tunggu infonya dua tahun lagi ya![]

NB: Kelamaan, woy!

2 comments :

  1. tetapi sekarang mau perpanjang stnk udah semakin mahal aja ya mas

    ReplyDelete