06 February 2017

Susahnya Mikir

No comments :
Entah kenapa kecerdasan punya tempat istimewa di hati ini. Selalu bikin saya terpana. Saking terpesonanya, suka tiba-tiba timbul perasaan iri sama orang yang lebih pinter. Ini sih gawat sebab ternyata buanyak banget yang lebih pinter itu. Kecuali kalau dulu saya gak memutuskan keluar-keluar dari kampung halaman, mungkin saya tetep bakal merasa bahwa sayalah yang paling pinter. Ternyata itu cuma dalam pikiran saya sendiri.

Minggu kemarin ngikutin training tentang problem solving. Dua kata yang sejujurnya sudah sering saya dengar sejak jaman sekolah. Saking seringnya lama-lama saya jadi cenderung menyepelekan dan menganggapnya sebagai hal klise. Padahal setelah ditelisik lebih dalam lagi, waw. Susah. Pake banget. Mendadak di kelas jadi orang paling bego setelah selama ini merasa paling jenius sedunia.

Pemecahan masalah itu gak mudah. Apalagi kalau mesti berdaya guna. Bukan cuma bagus idenya tapi harus bisa diimplementasikan. Masalah yang mudah saja cara penyelesaiannya tidak mudah, bagaimana dengan masalah berat? Yah, segala hal pun harus dipelajari. Mungkin tidak ada batas waktu kapan proses belajar berakhir untuk memecahkan masalah, karena mana ada hidup yang luput dari masalah.

Dalam mengerkah masalah, pinter doang gak cukup. Kita dituntut berpikir cepat, taktis, dan visioner. Dan sampai sekarang saya masih mencari-cari dari mana mereka itu dapat diperoleh? Apakah dari tumpukan buku-buku manajemen yang baru dibaca kata pengantarnya pun sudah ampuh bikin saya ngorok di sofa? Dari pengalaman bertahun-tahun, setelah khatam kaidah 10 ribu jam? Dari pengalaman berorganisasi? Atau malah hanya mungkin terlahir melalui bakat alam?

Ahh... susah banget jadi orang yang pas dalam segalanya. Gak lebih gak kurang. Segala pun kudu belajar. Semangat lah.[]

No comments :

Post a Comment