Salah satu hal yang membuat saya jatuh hati terhadap kota Bandung adalah bangunan-bangunan tuanya. Bangunan bergaya arsitektur peninggalan Belanda dulu masih terdapat di beberapa ruas jalanan kota Bandung. Kondisi? Ada yang terawat karena beberapa memang dihuni seseorang ataupun instansi, namun ada pula yang hampir roboh.



Foto di atas merupakan bangunan tua yang sekarang dipakai sebagai kantor (lupa namanya) milik pemprov Jabar. Kondisinya kurang terawat sih, namun hal itu tidak mengurangi orisinalitas bangunan unik ini. Jendela-jendela khas kolonial, dan atap tempo dulu yang tinggi masih menghiasinya. Begitu pula dengan pagar yang catnya sudah mengelupas. Saya harap Pemkot dapat meluangkan waktu untuk sedikit memperhatikan serta merawat bangunan-bangunan semacam ini.

Sayang, banyak rumah semacam ini yang tak sempat saya potret

Nah, rumah seperti foto di atas yang bikin saya selalu rindu akan kota Bandung, rumah gaya tropis peninggalan arsitektur kolonial yang bisa diketahui dari atapnya yang membumbung serta berjendela banyak. Rumah yang sekarang dijadikan motel tersebut kondisinya masih terawat baik dan arsitektur lamanya yang khas tetap dipertahankan. Hmm, seandainya saya punya rumah ingin rasanya merancang hunian dengan arsitektur semacam ini. Kuno, tapi elegan.

Jika ada kesempatan ke Bandung lagi, ingin rasanya memotret rumah-rumah semacam itu. Dengan kamera saku tentunya, soalnya gak mampu beli DSLR euy. Ada yang berbaik hati buat ngasih saya Nikon D3X? hihihi..

Gedung BRI Alun-alun Bandung

bersambung...