Makan Dulu Ah di AH Restocafe Transmart Bogor


Jelang penghujung tahun adalah waktu yang tepat untuk windows shopping ke mal favorit, berburu diskonan dari satu gerai ke gerai lain. Transmart yang belum lama ini hadir pula di Taman Yasmin Bogor adalah mal yang beberapa waktu lalu tiba-tiba memaksa saya menjatuhkan pilihan sebagai destinasi paling cocok bagi saya dan keluarga kecil untuk sekadar menghirup udara segar akhir pekan, sejenak meruapkan hawa rutinitas yang terkadang membosankan.

Untuk kedua kalinya, Sabtu siang tadi kami bertiga mampir ke Transmart Bogor yang berlokasi di sekitar Taman Yasmin, Jalan Baru Bogor. Sesuai rencana beberapa bulan lalu, saya hendak membeli meja kerja mungil beserta kursinya di gerai Transliving untuk digunakan di rumah.

Udah kerja full time di kantor, ngapain kerja lagi di rumah sampai-sampai bela-belain beli meja kerja buat di rumah?

Panjang ceritanya, nanti saja ya. Sekarang saya cuman pengin ngeshare pengalaman saat makan sore sehabis beli meja plus kursi barusan di Transmart Yasmin Bogor.

Sempat bingung mau makan apa jelang magrib tadi, pada akhirnya kami memutuskan menjajal tempat makan yang namanya unik: makan ah. Kafe tersebut berbagi ruang dengan kafe lain yang menjajakan kuliner ala Jejepangan gitu, tapi karena kami lebih tertarik dengan slogan "makan ah" tersebut, kami pilih duduk di sana.



Ternyata nama resmi kafe atau restoran itu adalah AH Restocafe. Tertera "Since 1977" pada logo resto. Semula saya tidak percaya restoran ini sudah ada sejak hampir 40 tahun silam. Sebelum kemudian melihat istri mengakses situs resmi AH Restocafe; nyatanya memang betul kafe ini sudah eksis sejak 1977.



Dikutip dari profil di situs resmi AH Restocafe, restoran ini didirikan pertama kali pada tahun 1977 dengan nama American Hamburger; disingkat AH. Berlokasi di bilangan Melawai, Blok M, Jakarta, AH Restocafe pantas untuk didaulat sebagai pionir restoran yang menghidangkan makanan populer khas Amerika di Indonesia, salah satunya hamburger, menyusul kemudian fried chicken sebagai menu favorit orang Indonesia kala makan di luar saat itu.

Cerita lebih lengkap tentang AH Restocafe dapat dibaca di laman profil AH Restocafe pada tautan ini.



Saat kami melipir ke sana sore tadi, bagian dalam kafe yang terdapat sofa sudah dihuni beberapa orang sebelum kami, sehingga saya memilih untuk duduk di bagian luar saja, asalkan terdapat sandaran kursinya. Menu disodorkan, tak lama kami menjatuhkan pilihan menu: Spaghetti Merah Putih dan Munchies Platter. Pada mulanya, saya ogah makan banyak-banyak (seperti biasa, pencitraan), sehingga gak usahlah mesen menu nasi. Istri pun sepakat.



Sekitar 10 menit kemudian pesanan kami tersaji. Porsi kedua menu yang kami pesan tidak terlalu banyak, pun tak terlalu sedikit. Spaghetti merah putih terdiri dari dua macam saus: bolognese & creamy. Dua-duanya sumpah, enak! Terasa bahwa, pengalaman sejak 1977 itu gak bohong.



Meskipun memang saya rasa pasti ada spaghetti yang jauh lebih enak sekaligus jauh lebih otentik dari menu di AH Restocafe Yasmin Bogor, saya berani mengatakan tak ada keraguan yang terkandung dalam sehidang menu-menu kebanggaannya. AH Restocafe semacam sudah percaya diri, sudah settle dengan resepnya sehingga hasilkan paduan rasa solid yang menciptakan kesan baik dan nyaman terhadap lidah maupun otak.





Begitupun dengan kudapan yang tersaji pada platter. Terdiri dari french fries, onion ring dan chicken wing, ketiganya sama sama solid cum berkarakter! Sama sekali tidak tercicip keraguan semacam rasa makanan di kafe-kafe baru yang masih bergulat dalam usaha-usaha eksperimental demi memenangkan cita rasa yang sesuai dengan selera calon-calon pelanggan loyal mereka.





Sehingga saya merasa masih kurang jika tidak mencoba menu signature nan legendaris di AH Restocafe ini yaitu: hamburger! Sengaja saya memesan Original Burger seharga Rp14.545 guna mengeset ekspektasi serendah-rendahnya. Namun ternyata mantap! Original Burger dengan elemen sederhana berupa setangkup roti dan beef ini (tanpa sayuran, tanpa lembaran keju) cukup membuat saya berani membandingkannya dengan Burger King; boleh diadu, bahkan menurut saya, burger di AH Restocafe ini lebih juara karena cita rasanya terkesan sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.



Karena Sabtu tadi bertepatan pula dengan Hari Ibu, 22 Desember 2018, kami mendapat bonus sepisin cake, bebas boleh pilih varian apa saja asalkan transaksi kita mencapai Rp100.000. Istri minta Cake Opera Mini yang semula saya kira tiramisu, namun ternyata berbeda.

Adonan kuenya lembut banget, berpadu dengan olesan cokelat dan krema yang cocok di lidah saya yang sangat tidak menyukai krema. Manisnya tak terlalu menyengat lidah, cocok bagi yang gak terlalu doyan kudapan manis. Mungkin kata kunci untuk cake Opera Mini ini: lembut, bikin semua orang suka.

Beberapa menu yang kami pesan Sabtu sore menjelang malam ini cukup kami tebus Rp136.500, sudah termasuk pajak. Transaksi pembayaran dapat dilakukan melalui cash, debit maupun credit.

Ke depan, sepertinya kami bakal sering mampir makan di AH Restocafe Transmart Yasmin Bogor lantaran ramah anak, ramah lidah, sekaligus ramah di kantong.[]

Kuliner Bogor
Ah Restocafe Transmart Yasmin Bogor
Buka setiap hari mulai pukul 10.00 - 22.00 (Senin-Minggu)
Transmart Yasmin Bogor, Jl. Nasional 11, Cibadak, Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat 16164
Nomor kontak: -
Website: ahrestocafe.online

3 comments:

  1. AH Resto ini juga jadi pilihan waktu meet up sama temen-temen yang lagi ulang tahun. Resto AH yg di blok m nyaman banget, di transmart Bogor juga nggak kalah nyaman. Nggak sabar pengen coba menu lain, nggak perlu muter satu keliling lagi deh untuk menentukan pilihan mau makan dimana hahahaha. Oiya, tempatnya juga cenderung sepi, mungkin nggak banyak yang menyangka kalo makan makan disana murah dan enak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi pengen liat resto pertama AH yang di Blok M. Letaknya di bangunan tua gitu atau di dalem mal?

      Delete

Powered by Blogger.