Mengejar yang Semula Berat


Terlalu banyak yang ingin saya lakukan dalam hidup saya. Misal, ingin memiliki tubuh langsing dalam satu kedipan. Ah, lupakan hal trivial dalam hidup saya barusan. Karena banyak hal yang lebih penting? Tidak juga sih, biasa saja, hal trivial seperti berat badan masih masuk ke dalam keinginan saya di tahun 2019.

Mungkin empat hal di bawah ini yang menurut saya pantas dimasukkan ke dalam daftar keinginan pribadi di tahun 2019.

Membaca minimal 1 buku tiap bulan


Empat tahun lalu mungkin membaca adalah kegiatan yang menyenangkan, mudah untuk dilakukan karena memang saya suka. Membaca buku setebal 500 halaman dalam durasi 2 hari pun saya jabanin. Saya rasakan waktu itu, membaca serupa terapi jiwa yang bikin hidup lebih berwarna.

Rasa yang dulu indah sekarang udah lain. Padahal waktu luang sih sebenarnya ada-ada saja kalau memang saya niatkan, namun selalu ada alasan untuk lebih memilih kegiatan lain yang gak terlalu butuh mikir keras, yang paling sering saya lakukan sekarang adalah nonton konten-konten Youtube dan mulai menganggapnya sebagai kebutuhan.
Dulu bisa nyempetin baca, kenapa sekarang gak bisa?
Pertanyaan inilah yang sampai saat ini belum saya ketahui jawabannya. Sehingga di tahun 2019 ini saya menarget buku yang akan dibaca dengan jumlah yang tak muluk-muluk dan feasible untuk dijalankan; cukup satu buku saja per bulan.

Barangkali dengan target yang ringan bakalan berhasil mengecoh pikiran bawah sadar saya sehingga menganggap membaca buku sebagai kegiatan yang kembali menyenangkan seperti dulu.

Mengupdate blog setiap Senin dan Kamis


Beberapa minggu ini, meskipun bolong-bolong dan jadinya mundur beberapa tema, saya lagi ikut-ikutan istri buat membuat konten 30 day challenge di blog. Ajaibnya, saat saya menjalani tantangan ini perasaan-perasaan gembira selayaknya anak kecil yang baru mengulik mainan baru itu kembali. Inilah yang saya cari, spirit-spirit anak kecil yang efektif mendatangkan perasaan bahagia dalam hati.

Nanti jika tantangan 30 hari ini selesai, ke depannya saya bertekad bakal mengunggah konten blog pribadi saya sebanyak 2 kali per minggunya, yakni tiap Senin dan Kamis.

Menurunkan 1 kilogram berat badan setiap pekan


Awal September hingga Desember 2018 kemarin sebenarnya progres penurunan berat badan sudah lumayan. Mencapai defisit 11 kilogram. Tetapi ada sedikit godaan diet pada Desember lalu. Kehidupan saya lumayan hectic lantaran sering pulang-pergi ke Bandung, dan ada beberapa event di kantor yang lumayan bikin lapar di malam hari dan pada pagi harinya sebelum berangkat kerja saya gak sanggup jalan kaki lantaran ngantuk berat.

Mulai hari Jumat 1 Februari 2019 kemarin saya bertekad memulai kembali program penurunan berat badan dengan target yang saya rasa feasible; yakni memangkas 1 kilogram berat badan setiap pekan.

Membuat podcast atau vlog tentang... saya belum tahu


Pada suatu hari saya kepikiran untuk bikin podcast dengan tujuan melatih kemampuan public speaking. Sebab pekerjaan saya sehari-hari bersifat back office yang tak terlalu membutuhkan interaksi secara langsung. Namun keahlian berbicara di depan umum terkadang dibutuhkan juga pada momen-momen tertentu, dan saya harus siap.

Kemudian saya pikir boleh juga nih memanfaatkan podcast sebagai medium latihan berbicara, ya, berbicara, karena menurut saya keahlian saya berbicara sehari-hari dalam bahasa Indonesia pun gak terlalu bagus. Seolah-olah semua yang saya katakan harus dikonsep terlebih dahulu, dan apabila aliran komunikasi dengan lawan bicara tiba-tiba macet, ya sudah tamat gara-gara gak bisa improvisasi.

Perihal tema podcast atau vlog sepertinya seputar keseharian saya saja sebagai mantan anak muda rebel yang sekarang harus menerima kenyataan sebagai bapak-bapak yang misuh-misuh saat menyadari hari Minggu cepat sekali berlalu dan besok udah Senin lagi aja. Semoga dapat segera terlaksana sebulan lagi.[]

Sumber gambar: Pexels.com

No comments:

Powered by Blogger.