5 Tempat Makan Ramah Anak di Bogor dan Sekitarnya



Setelah menikah dan punya anak, terkadang untuk memilih tempat makan ramah anak di Bogor dan sekitarnya kudu mikir keras terlebih dahulu lantaran ada beberapa hal yang mesti dipertimbangkan.

Kalau tidak ada pilihan destinasi pemuas kepenasaran lidah yang pas, gak usah maksain. Mendingan makan di rumah, atau jauh lebih bijak untuk order via GO-Food aja. Dengan begitu, kami bertiga tinggal duduk manis di rumah nunggu abang GO-Food ngetuk pintu.

Anak tetep kehandle, dan kami pun dapat menyantap makan enak dengan tenang; tanpa khawatir kepanasan, kehujanan atau rebutan kursi sofa sama orang lain.

Terlepas dari keribetan-keribetan tadi, sebenernya ada sih beberapa tempat makan yang lumayan oke buat boyong anak di bawah satu tahun. Berikut 5 tempat makan yang biasanya kami sambangin kalau lagi kepengin makan di luar.

Raffles Foodlife, Yogya Bogor Junction

 



Berlokasi tidak jauh dari kediaman kami dengan melalui jalur yang manusiawi. 15 menit doang udah nyampe. Waktu tempuh yang singkat ini cukup bisa dijadikan patokan mau berapa lama di sana, dan memperkirakan cuaca bakal hujan atau mendung doang karena kami pengendara motor yang sangat tergantung sama cuaca.

Tempatnya sangat ramah anak sebab banyak bertebaran sofa yang dapat kami jadikan lapak untuk menidurkan Ikal, sehingga kami berdua bisa makan barengan. Tempat makan berkonsep food stall ini sangat demokratis; menawarkan banyak pilihan gubukan yang cukup mewakili masing-masing selera kita kebanyakan.





Mulai dari makanan tradisional semacam Soto Kuning Bogor, Soto Mie Bogor, Sate Maranggi, Gudeg Jogja, hingga makanan lucu-lucuan seperti Sushi tersedia di sini. Favorit saya adalah Cakue Jumbonya yang entah kenapa bikin nagih. Ukurannya emang gede, tapi engga bantat. Empuk sekaligus renyah. Ditambah pilihan saus cuka atau mayones, lumayan jadi selingan pemanja lidah di akhir pekan.

Selain itu, saya suka mesen segelas Milk Shake di stall Momomilk yang juga mangkal di Raffles Foodlife, Yogya Bogor Junction.

Mie Bangka AL, Samping Bogor Permai




Saya tempatkan Mie Bangka AL setelah Raffless lantaran salah satu destinasi kuliner bakmi di Bogor ini memang lokasinya berdekatan dengan Bogor Junction. Beberapa kali saya ngidam makan Mie Bangka AL yang rasanya ajaib itu, sementara istri lagi bosen makan mie, maka kami dengan mudah melipir nyeberang ke Raffles Foodlife yang punya banyak varian makanan untuk dijajal.

Tempatnya memang berwujud warung sederhana yang kata selebgram mungkin tidak terlalu instagramable, namun cukup representatif untuk kami yang membawa anak. Bagian dalam warung tergolong luas, dan walau pada akhir pekan yang padat pengunjung, kami masih kebagian duduk.

Pelayanan di Mie Bangka AL yang sangat ramah bikin kami enggak kapok untuk balik lagi lain kali. Sampai-sampai kami ditunjukkan meja mana yang paling nyaman untuk diduduki bersama anak kami. Meja kayu panjang dapat kami gunakan sebagai tempat menggeletakkan Ikal di atasnya. Hawa di dalam warung pun cukup oke sebab banyak kipas yang berkesiur dalam kecepatan wajar.

Tako Suki, Cibinong City Mall

 



Tako Suki adalah tempat makan untuk membahagiakan istri karena doi doyan banget sama makanan kuah-kuahan ala suki-sukian. Dengan tersedianya sofa-sofa dan kursi anak, sangat cocok untuk disambangin sama yang memboyong anak di bawah usia setahun.

Varian makanannya cenderung sehat sebab paket suki di sana terdiri dari sayur-sayuran macam pokcoy, jamur, brokoli, hingga asupan protein plus karbo seperti crabstick, bakso ikan, tahu, daging iris ala shabu-shabu, dan masih banyak pilihan menu lain yang dapat diambil sesuai aturan paket.

Elemen spesial dari Tako Suki di Cibinong City Mall adalah saus cacahan bawang putih yang rasanya asin, gurih, membangkitkan selera makan. Namun biasanya saya cepet kenyang kalau makan di sini, lantaran perut keburu kembung sama kuah tomyam.

Selain menyajikan menu kuah-kuahan, Tako Suki Cibinong City Mall pun menawarkan varian menu lain yang lumayan memuaskan kami seperti tongseng daging atau ayam, fuyunghai, cumi cabe garam, dan menu familiar lain.

Kafe Sukahati, Cibinong

 



Tempat makan yang bener-bener sesukahati beberapa kali kami sambangi. Menyediakan mulai dari menu lokal seperti nasi goreng, mi goreng, kwetiau, ayam geprek, dan sebagainya. Sukahati Cafe pun menawarkan menu ala-ala western layaknya aneka sandwich, rice bowl, pancake, pasta, hingga burritos beef.

Kami suka tempat ini karena cukup menempuh 10 menitan kami udah nyampe di lokasi. Tempatnya luas, musholla nyaman, toilet bersih. Interior kafe sangat cocok buat yang hobi upload foto tempat makan dan foto makanan ke Instagram.

Memang kafe ini tidak terlalu ramai seperti kafe-kafe lain di Kota Bogor. Namun tiap hari ada saja pengunjung yang mampir ke sana. Justru tempat yang tak terlalu crowded inilah yang kami manfaatkan sebagai tempat makan ramah anak, terlebih anak kami yang suka keheningan.

Harga makanan di sana miring banget. Cocok buat yang suka icip-icip dalam satu waktu beberapa varian makanan yang porsinya gak terlalu banyak.

AH Resto Cafe, Transmart Carrefour Taman Yasmin Bogor

 



Saya menempatkan destinasi makan ramah anak di Bogor ini sebagai daftar terakhir sebab merupakan tempat makan terakhir yang saya sambangi bersama anak istri beberapa pekan kemarin.

Pertimbangannya lebih pada konsep Transmart yang benar-benar niat dalam menyuguhkan destinasi hiburan plus belanja dalam satu atap alias one stop shopping yang millenial banget.

Hal unik tentu saja bagian tengah eskalator yang ditumpuki Potabee, Lays, Potato. Ide marketing yang sangat cerdas sebab mata anak-anak bakalan siwer ngeliat snack menggiurkan itu, sehingga peluang untuk mencomotnya sangat besar. Bahkan mungkin mereka langsung menyikat snack kentang berbagai merek tersebut semasih melayang di atas eskalator.



AH Resto Cafe adalah salah satu destinasi di antara belasan food court lain di Transmart Carrefour Taman Yasmin Bogor yang cukup menarik perhatian. Pembahasan selanjutnya tentang AH Resto Cafe dapat disimak pada postingan saya kemarin.

Kalau boleh saya simpulkan, pertimbangan apa saja yang membuat kami memilih 5 tempat makan ramah anak di atas?

Tips Memilih Tempat Makan Ramah Anak


Pertama, yang biasa kami pertimbangkan adalah jarak dari rumah menuju lokasi. Kalau memungkinkan, jaraknya cukup ditempuh kurang dari 30 menit. Sebab cuaca akhir-akhir ini yang tak mengenal musim, cukup tricky untuk kami ramalkan.

Tips selanjutnya, pilih tempat makan yang menyediakan meja cukup lebar plus sofa. Memang kami mengharap tempat makan di mana pun menyediakan kursi anak. Namun sebenarnya meja lebar plus sofa saja sudah cukup nyaman untuk dihuni oleh kita bersama anak berusia di bawah satu tahun.

Tips terakhir adalah perhatikan crowd. Kami menghindari tempat makan kekinian yang tengah digandrungi anak muda atau anak kuliahan untuk nongkrong berlama-lama semacam Foresthree atau "Warung Indomie Kekinian" itu.

Selain alasan kalau mau makan Indomie sih mending nyeduh di rumah saja, yang pasti ketika kita makan di tempat semacam itu biasanya mejanya kecil-kecil, gak ada sofa, jumlah AC gak sesuai kapasitas pengunjung, serta atmosfernya bakalan crowded banget. Berisik, bau asap rokok, dan keribetan-keribetan lain kemungkinan besar bakal mengusik anak usia 4 hingga 7 bulan sehingga rewelnya kebawa sampai rumah.[]

2 comments:

Powered by Blogger.