5 Situs Belanja Online Favorit yang Kadang Bikin Khilaf



Sebetulnya dua tahun terakhir ini saya tidak sekalap dulu kalau belanja online. Saya masih ingat dulu pas masih kuliah, dengan uang jajan bulanan yang gak banyak, saya pernah beli buku 600ribu di Bukabuku.com. Gak pake mikir sama sekali.

Kalau sekarang setelah menikah udah gak sekalap dulu lantaran prioritas keuangan pun berubah menjadi menabung DP rumah buat tempat berteduh saya dan anak istri.

Tapi bukan berarti saat ini saya gak pernah lagi belanja online. Biasanya, saya belanja online baik buku, makanan, produk elektronik, hingga pakaian di antara 5 situs belanja favorit berikut.

1. BukaBuku


Pertama kali berbelanja di BukaBuku.com mungkin sekitar akhir 2012 ketika lagi seneng-senengnya baca buku fiksi. Pas lagi mencari novel atau kumpulan cerpen yang terbitnya lebih dari 2 tahun sebelumnya, saya kesulitan memperolehnya di toko buku mainstream seperti Gramedia atau Gunung Agung.

Akhirnya saya mencoba beli buku di BukaBuku, yang ternyata koleksi bukunya lumayan banyak dan rentang genrenya pun cukup beragam. Yang saya ingat sampai hari ini, saya pernah beli buku The Count of Monte Cristo (yang susah banget dicari di toko buku sekitar rumah) di situs BukaBuku.com dalam kondisi ready stock dan harganya pun murah, seingat saya cuma 25ribu setelah dipotong diskon 15%.

2. Lazada


Lazada menjadi pilihan pertama ketika saya hendak membeli barang elektronik, aksesoris motor, dan benda-benda produktif lain. Sebab Lazada menawarkan pengiriman langsung dari luar negeri yang berarti produk tersebut dijual dari negara lain salah satunya Tiongkok yang menawarkan harga sangat miring ketimbang harga pasaran di Indonesia.

Mulai dari sepatu, speaker aktif, hingga terakhir baru-baru ini saya membeli box motor SHAD SH29 yang berkapasitas 29 liter melalui situs Lazada, demi menunjang keseharian menerabas hujan dengan menunggang motor bertangki depan yang gak punya bagasi built in.

Dan gak nyampe hitungan hari, mungkin hanya sekitar 16 jam dari waktu saya mentransfer Rabu sore, barang saya sudah diterima istri di rumah esok paginya.

Produk yang rutin kami beli dari Lazada beberapa bulan belakangan ini adalah diapers Mamy Poko ukuran M isi 56 yang ternyata harganya jauh lebih murah dibanding hipermarket sekalipun.

3. GO-Food


Situs belanja makanan yang diakses melalui aplikasi ini cukup membantu pada saat-saat tertentu. Terutama ketika siang lagi terik-teriknya dan istri lagi gak masak, biasanya kami memesan makanan melalui aplikasi GO-Food. Makanan yang biasa kami pesan lokasinya tak terlalu jauh dari rumah agar ongkos kirimnya gak terlalu mahal hingga mendekati harga makanan itu sendiri.

4. JD.ID


Situs JD.ID pun pernah saya gunakan untuk berbelanja beberapa barang-barang elektronik demi memberikan rasa tenang secara batiniah berkat tagline situs belanja ini: #DijaminOri.

Antar muka situs yang bersih dan rapi membuat saya betah mantengin situs belanja JD.ID sehingga saya mudah untuk melacak produk-produk yang saya inginkan. Secara harga, memang sebagian besar produk yang dijual di situs ini cenderung sedikit lebih mahal ketimbang situs belanja lain seperti Lazada, namun JD.ID fokus memberikan value berbeda berupa jaminan barang asli dari seller-seller terpercaya.

5. Blibli


Adapun untuk situs belanja Blibli menurut saya sangat cocok kita kunjungi jika hendak membeli peralatan olahraga seperti jersey, sepatu, hingga raket badminton. Blibli cukup lengkap menyediakan beragam merek dan jenis peralatan olahraga terbaru dengan harga bersaing antar seller-seller yang reputasinya baik.[]

Sumber gambar: Pexels.com

No comments:

Powered by Blogger.