Semasih sekolah hingga kuliah, saya biasa memanfaatkan hari libur dengan bermalas-malasan. Leyeh-leyeh di kasur dari bangun tidur sampai tidur lagi, badan penuh lemak ini diem aja, yang gerak cuman jempol di layar hape.

Namun sekarang setelah menjadi bapak-bapak, suka timbul perasaan bersalah kalau gak ngapa-ngapain di hari libur. Waktu kayaknya berharga banget kalau dipake cuman buat mendengkur tidur-tiduran doang seharian.

Jalan kaki 18ribu langkah


Beberapa bulan ini saya berusaha untuk mulai hidup sehat. Salah satunya berjalan kaki setiap hari kerja dengan target minimal 8000 langkah, dan rata-rata saya bisa berjalan kaki pada Senin sampai Jumat sekitar 10ribu langkah.

Khusus Sabtu dan Minggu, karena tubuh gak ngapa-ngapain dan lantaran gak ngapa-ngapain ini biasanya mulut malah pengennya mengenyam apa pun dan segala makanan diada-adain, maka saya berusaha melangkah lebih banyak dari hari biasa.

Pada hari libur, biasanya saya jalan kaki pagi selama 2 jam 45 menit yang menghasilkan jumlah langkah sebanyak 18ribu.

Namun tentu saja, saya selalu berharap Sabtu dan Minggu cerah. Kalau hujan, ceritanya bakal sangat lain.

Beberes rumah


Disclaimer: kalau lagi gak males.

Bantu-bantu istri beberes rumah biasanya cuman bisa saya lakukan pada hari libur. Beberes rumah yang dimaksud kurang lebih nyapu, ngepel, beresin rak buku, rak televisi, ngosrek WC, hingga mencuci motor saya sekaligus motornya istri.

Karena aktivitas beberes rumah ini terkadang menjadi sebuah ritual relaksasi bagi otak, seringkali saya lupa waktu saking keasyikan pas lagi beberes rumah. Mulai beberes pukul 9 pagi, tahu-tahu sayup-sayup azan zuhur. Bahkan pernah saya beberes rumah dari pagi sampai menjelang magrib.

Mantengin Youtube


Oh, sebenarnya aktivitas ini yang paling sering saya lakukan ketimbang dua kegiatan barusan.

Entah kenapa menonton konten-konten video di Youtube itu bikin saya lupa waktu. Mungkin algoritma mereka emang sengaja dibikin begitu, biar kita betah mantengin platform mereka dan jempol kita terus tergerak mengklik video-video yang mereka rekomendasikan sebagai konten relevan bagi kita.

Pernah pada satu hari libur, saya nonton video-video di Youtube dari bangun tidur (gak jalan kaki pagi dengan alasan lagi meriang) sampai pukul 10 malam. Berhenti sejenak kalau mau makan siang dan sore doang.

Cari makan siang ke luar


Kalau lagi kasihan sama istri yang lagi capek ngurusin anak sehingga gak sempet masak, pada hari libur biasanya saya suka mengajak makan ke luar.

Tempat makannya gak jauh-jauh. Paling ke rumah makan deket rumah, ke food court di mal, atau kalau lagi bener-bener mager, biasanya saya milih buat delivery order aja makan siangnya sehingga kami bisa leyeh-leyeh berjamaah di rumah.

Menulis postingan blog


Aktivitas ini yang sering saya langgar. Target 2018 sebenarnya saya ingin menulis setiap hari Sabtu, sehingga dalam sebulan minimal saya punya 4 tulisan baru di blog ini.

Namun realisasi emang seringnya gak sesuai rencana. Pada akhirnya saya nulis postingan blog baru kalau lagi gak males aja buka laptop di rumah. Seringnya, pas pukul 8 malam, saya tidur-tiduran di sofa kemudian ketiduran beneran, sampai tersadar pagi itu udah hari Senin.[]

Sumber gambar: Pexels.com