Kalau sesekali cuci mata ke Cibinong City Mall (CCM) yang merupakan mal paling dekat dengan rumah pada akhir pekan, biasanya saya bersama istri makan ke tempat itu-itu aja: fast food restaurant macam Hokben, Wendy's, Burger King, Wing Stop, Red Suki, Doner Kebab, Fiesta Steak, tapi yang paling sering sih Tako Suki.

Kemarin tiba-tiba saja saya pengen nyobain Marugame Udon, tempat makan di CCM yang relatif baru. Kebetulan istri baru nyobain makan di situ beberapa minggu yang lalu sama temen kuliahnya, katanya enak dan harganya juga gak terlalu nyekek. Saya jadi penasaran, dan baru kemarin saya menjajalnya ke sana.

Padahal, saya gak terlalu suka makan kuah-kuahan seperti suki, ramen, termasuk udon. Tapi, namanya juga penasaran.

Ambience & Services


Marugame Udon Cibinong City Mall (CCM) menyuguhkan suasana yang bersih berkat sanitasi yang baik, dan nyaman juga untuk dipakai meeting point bersama kolega maupun dengan teman lama. Dengan konsep open kitchen di mana pengunjung sendiri yang membawa baki, menyebutkan menu yang diinginkan kepada server atau penyaji, kemudian sejenak menunggu makanan tersaji di atas mangkuk. 

Dua tahun belakangan sistem pelayanan seperti ini saya rasa mulai familiar dijumpai di tempat makan yang berlokasi di mal, sebab hemat waktu dan tenaga kerja.


Server laki-laki yang bertugas merebus dan meniriskan udon, dan kalau saya tidak salah lihat, ia membuat mi udonnya sejak berbentuk adonan dengan mengandalkan keahlian tangannya. Server perempuan bertugas membubuhkan dan mengguyurkan topping sesuai jenis menu yang diinginkan pemesan, seraya mempromosikan side dish atau menu pendamping lain.

Secara keseluruhan pelayanan di Marugame Udon Cibinong City Mall (CCM) ini bersih, cepat dan ramah.




Sekeliling area indoor Marugame Udon Cibinong City Mall yang terbilang luas ini berhias mural dan beberapa aksen yang menggugah aura Jepang menjadi kian kentara. Tersedia smoking area yang terletak di area outdoor sekitar balkon.

Lampu gantung dengan nyala oranye seperti yang saya saksikan di serial-serial Jepang yang menghasilkan suasana temaram, cukup mendukung pencahayaan optimal sekaligus dramatis untuk diabadikan dengan hape sekalipun untuk kemudian dishare ke Instagram.

Karena Sabtu siang kemarin jatuh pada tanggal tua, pengunjung yang datang relatif tidak terlalu banyak. Kata istri sih, biasanya kalau weekend apalagi pas tanggal muda, kita mesti sabar untuk mengantre waiting list.


Tipikal pengunjung yang datang ke sini saya perkirakan anak muda dan pasangan muda di bawah 30 tahun yang turut memboyong keluarga kecilnya. Selain itu, ada juga beberapa bapak-ibu kisaran 40 tahunan yang juga memilih Marugame Udon sebagai tempat makan siang di akhir pekan.

Varian Menu

Marugame Udon Cibinong City Mall (CCM) menawarkan varian menu yang terbilang variatif, tidak hanya udon. Dan menurut saya, yang menjadi selling point mereka adalah side dish berupa menu bakaran dan gorengan yang menggiurkan.



Di antara gorengan-gorengan yang bikin kalap mata itu adalah chikuwa tempura (otak-otak ikan), yakitori (sate ayam ala Jepang), tsukune (sate daging ayam cincang), adapun yang saya coba kemarin cuma dua: skewered tofu roll (kulit tahu isi udang & ayam) & ebi tempura.


Untuk sajian utama, saya penasaran dengan menu nasi berupa beef curry rice. Istri memesan niku udon, dan karena ada promo buy one get one, maka kami diberikan gratis satu varian menu berupa kake udon; varian udon yang disajikan dengan sup kake dashi, dilengkapi taburan kremesan tempura di atasnya.

Selain dua menu yang kami pesan, tersedia pula varian udon atau nasi yang gak kalah bikin ngiler seperti beef carbonara udon, beef curry udon, spicy tori baitan udon, dan sebagainya.


Urusan minuman di Marugame Udon lumayan bikin lega lantaran tersedia pilihan minuman lemon tea dan teh ocha yang bisa direfill sepuasnya.



Oh iya. Di sini pun kita bebas membubuhkan bumbu tambahan seperti daun bawang, biji wijen, saus sambal, bahkan ada juga kremesan tempura yang boleh dicomot cuma-cuma.

Perkara Rasa


Hal pertama yang terlintas di benak saya pada suapan pertama beef curry rice adalah "nagih". Mungkin karena tipikal kari di sini sebagaimana halnya kuah santan nasi padang yang bikin kita rakus menciduk nasi.


Kari yang dibubuhkan pada menu ini enak dan enggak maksa, misal terlalu asin atau terlalu manis. Pas, mungkin yang bikin cocok, cita rasa karinya gak terlalu strong seperti kari-kari pada masakan India, sehingga gak bikin eneg, masih dapat saya nikmati tanpa harus beradaptasi.


Kari berwarna kuning tersebut berpadu dengan nasi yang teksturnya lengket dan agak lembek mirip nasi Hokben, cocok sekali saat disuap bersamaan dengan topping irisan daging sapi. Rasanya jadi makin sedap pas saya tambahkan dengan daun bawang, kecap asin, dan irisan cabe.

Namun setelah saya coba bubuhi bubuk cabe, rasanya jadi agak aneh. Sepertinya menu di sini hanya cocok dengan bumbu-bumbu netral saja semacam daun bawang, irisan cabe, dan biji wijen sebab rasa kari cukup mendominasi. Untung saja saya gak iseng ngecrotin saus sambal, karena pasti rasanya bakalan nabrak parah sama rasa kari.


Menu udonnya sendiri, saya sempat mencicipnya, dan merupakan pengalaman pertama saya makan udon. Aroma wijen dan rumput lautnya kenceng banget, berbaur dengan semangkuk kuah kaldu yang light alias tidak terlalu kental. Udonnya memang besar-besar, namun teksturnya lembut gak perlu dikunyah, langsung diseruput sampai bunyi kedengaran sama orang pun bodo amat, yang penting enak!


Menu gorengannya? No comment. Gorengan apa sih yang gak enak bagi saya?

Yang paling bikin saya puas adalah... porsi nasi dan udonnya banyak dan mengenyangkan! Gak bakalan deh pulang dengan perasaan rugi dan penyesalan.

Harga


Sajian-sajian yang kami sikat di atas berupa niku udon (plus free kake udon), beef curry rice, ebi tempura, skewed tofu roll, dan 2 lemon tea free refill, cukup ditebus dengan Rp169.998 (sudah termasuk restaurant tax). Harganya sebanding dengan ekspektasi, saya kira dengan menu yang kami pesan harus ditebus di atas 200ribuan.

Overall Score


Marugame Udon Cibinong City Mall (CCM) saya rasa cocok disambangi pasangan muda seperti kami yang punya anak kecil di bawah usia satu tahun, sebab tersedia kids' chair, tempatnya luas, dan suasananya tidak crowded sehingga gak bikin anak rewel.[]

Buka mulai pukul 10.00-22.00 (Senin-Minggu)
Cibinong City Mall, Jl. Tegar Beriman No.1, Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat 16912
Nomor kontak: 0811-3596-026